HARGA DIRI MEMBUAT PRIA SULIT MINTA MAAF


Pria Sulit Minta Maaf

Cara berpikir pria dan wanita sejak lahir memang sudah berbeda. Pria cenderung mengutamakan cara berpikir logis sedangkan wanita perasaan. Kondisi ini berpengaruh terhadap sikap dan karakter yang lainnya, termasuk keinginan meminta maaf. 

Pria dengan ego yang tinggi, sangat sulit meminta maaf karena pria tidak ingin harga dirinya turun bila harus meminta maaf terlebih dahulu. Apalagi kalau posisi dan kedudukanya jauh lebih tinggi, maka tidak sedikitpun pria akan mau meminta maaf. 

Jika minta maaf, pria khawatir harga dirinya diinjak-injak, sehingga dia tidak mau melakukannya. Karena selain merasa harga dirinya turun, dengan meminta maaf pria merasa menjadi lemah, apalagi kalau harus minta maaf terhadap wanita. 

Hal ini terbukti dari hasil sebuah penelitian para ilmuwan di Kanada. Penelitian melibatkan 66 sukarelawan (33 pria dan 33 wanita). Selama dua minggu, para peneliti mencatat emosi sukarelawan yang terkait dengan hubungan mereka dengan orang lain.

Penelitian melibatkan 66 sukarelawan (33 pria dan 33 wanita). Selama dua minggu, para peneliti mencatat emosi sukarelawan yang terkait dengan hubungan mereka dengan orang lain.

Cukup mengagetkan, dari penelitian tersebut terungkap juga saat beargumen, 30 persen wanita cenderung menggunakan kata kasar dibandingkan pria. Dan pria justru lebih tenang saat bereaksi dan kebal terhadap penghinaan.

Selain itu, ditemukan kecenderungan pria meminta maaf dan mengakui kesalahannya ketika terlibat konflik sangat kecil. Sedang 35 persen wanita lebih bersifat terbuka dan mengakui kesalahannya dibanding pria.

Apakah Anda termasuk pria yang egois seperti ini?