INI DIA SOSOK DIBALIK SUKSES JOSEP GUARDIOLA


Foto: Josep Guardiola

BARCELONA - Josep ‘Pep’Guardiola tidak lagi diragukan kapasitasnya sebagai salah satu pelatih terbaik dunia saat ini. Namun, pelatih Barcelona ini mengaku ada satu sosok yang menjadi panutannya. Siapa dia?

Pelatih 40 tahun dengan lantang menyebut Johan Cruyff merupakan salah satu sosok inspirator dalam kariernya sebagai pesepakbola dan juga pelatih. Sekadar info, Guardiola merupaka salah satu pemain yang sempat merasakan polesan Cruyff saat membesut El Barca para era 90an.

“Johan Cruyff adalah salah satu inspirator terbesar saya. Saya menjalani enam tahun bersamanya dan belajar banyak hal darinya,” tutur Guardiola sebagaimana dikutip Goal, Selasa (13/12/2011).

Selain Cruyff, Guardiola juga mengaku belajar banyak dari mantan pelatih Almeria, Juan Manuel Lillo. “Juan Manuel Lillo juga memegang peranan penting dalam karier saya. Dia adalah pelatih saya saat enam bulan bermain di Culiacan, Meksiko. Meski hanya enam bulan, namun kami menjalani waktu dengan bagus dan saya banyak belajar darinya,” sambungnya.

“Saya sangat berterima kasih kepadanya, karena dia adalah sosok yang murah hati dan selalu mau berbagi pengetahuannya. Dia juga tahu banyak hal,” pungkas Pep.

Sejak dipercaya promosi dan melatih tim senior Barcelona menggantikan Frank Rijkaard pada musim 2008, Guardiola langsung mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai pelatih jempolan. Guardiola sukses menyumbangkan 12 gelar bergengsi hanya dalam kurun tiga tahun kepelatihannya di Camp Nou. Torehan ini melewati idolanya, Johan Cruyff yang hanya mampu memberikan 11 gelar dalam delapan tahun kepemimpinannya (1988-1996).