ILMUWAN TEMUKAN TUMBUHAN PEMAKAN CACING


Philcoxia minensis (foto : Newscientist)

SAO PAULO - Para ilmuwan menemukan sebuah tanaman di Brazil, memiliki kemampuan menjebak cacing tanah memakai daun-daunnya yang lengket dan berada di bawah tanah.

Tumbuhan bernama latin Philcoxia minensis tersebut adalah tumbuhan karnivora pertama, yang diketahui menjebak dan memakan mangsanya di dalam tanah. Demikian diwartakan InternationalBusinessTimes, Kamis (12/1/2012).

Rafael Silva Oliveira dari State University of Campinas, bersama rekan-rekannya menyatakan mereka memiliki bukti bahwa tanaman tersebut tergolong karnivora, lewat perilakunya memangsa nematoda.

Philcoxia memiliki jaringan daun-daun kecil di bawah tanah, dengan ukuran sekira kepala peniti. Daun-daun tersebut mampu menyerap sinar matahari melalui tanah putih berpasir, dan mengandung kelenjar yang mengeluarkan lendir lengket untuk menjebak cacing kecil dan mencernanya.

"Biasanya kita memikirkan daun hanya sebagai organ fotosintesis, jadi pertama kali melihatnya, rasanya aneh ada tanaman yang meletakkan daunnya di bawah tanah yang kekurangan sinar matahari," kata Oliveira.

Untuk menguji kemampuan mencerna dan menyerap nutrisi dari nematoda, mereka menaruh cacing di atas daun bawah tanah tanaman tersebut. Analisis kimia terhadap daun-daun yang tertutupi oleh nematoda mengungkap keberadaan nitrogen-15 dalam kadar yang signifikan. Ini menunjukkan tanaman tersebut mencerna dan menyerap cacing.

Para ilmuwan tersebut, mendetilkan penemuannya dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.