ARSENAL TERKAPAR DI CRAVEN COTTAGE


Fulham mampu redam meriam Arsenal di Craven Cottage


Arsenal kembali harus menerima pil pahit ketika harus mengakhiri laga dengan 10 pemain dan takluk 2-1 dalam derby London lawan Fulham di Craven Cottage, Selasa (3/1) dini hari.

The Gunners menghadapi laga ini dengan sedikit perubahan komposisi pemain menyusul krisis di lini belakang mereka yang memaksa manajer Arsene Wenger memasang pemain muda Francis Coquelin sebagai bek kiri.

Namun itu tak mengurangi semangat Arsenal untuk tampil menekan dan mereka sempat mengancam gawang David Stockdale lewat aksi Gervinho dan Aaron Ramsey, sementara Fulham pun menebar ancaman lewat aksi Bobby Zamora yang masih bisa diamankan Wojciech Szczesny.

Arsenal gagal mendapatkan penalti dari wasit Lee Probert di menit 13 ketika Gervinho dijatuhkan Philippe Senderos di kotak penalti, akan tetapi mereka akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit 21.

Umpan terukur Ramsey dari sisi kiri menuju ke kotak penalti bisa ditanduk dengan baik oleh Laurent Koscielny tanpa bisa dihentikan Stockdale. 1-0 Arsenal memimpin.

Setelah gol itu, Arsenal kian bersemangat menambah keunggulan namun upaya mereka lewat Ramsey, Gervinho serta kapten Robin Van Persie bisa digagalkan kecemerlangan Stockdale dan membuat Fulham tak lagi kebobolan menuju akhir laga babak pertama.

The Cottagers bangkit di babak kedua dan mereka segera mengancam lewat Bryan Ruiz, Steve Sidwell dan Moussa Dembele. Arsenal yang kehilangan ritme permainan dipaksa menahan gempuran tuan rumah yang tampil kian bersemangat.

Petaka bagi Arsenal hadir di menit akhir, tepatnya menit 73 ketika Johan Djourou diganjar kartu kuning kedua dan bermain dengan 10 orang pun membuat mereka kian kewalahan, apalagi Fulham mengerahkan semua pemainnya untuk mengurung pertahanan Arsenal.

Akhirnya gelombang serangan Fulham menemui hasil manis di menit 85 ketika berawal dari situasi sepak pojok, bola gagal dihalau Szczesny dan disundul oleh Senderos yang berdiri tak terkawal sebelum diteruskan dengan tandukan Sidwell dari jarak dekat menembus gawang Arsenal.

Tak puas dengan hanya menyamakan kedudukan, Fulham terus menekan dan mereka akhirnya mencetak gol kemenangan di injury time babak kedua lewat tembakan keras Zamora dari dalam kotak penalti.

Kekalahan ini membuat Arsenal gagal menggusur Chelsea di peringkat keempat, sementara anak asuh Martin Jol belum beranjak dari posisi 13 klasemen.