GEMPA GUNCANG IRAN, 100 ORANG TERLUKA



TEHERAN - Televisi nasional Iran melaporkan sekira 100 orang terluka ketika gempa bumi sebesar 5,5 skala richter (SR) mengguncang wilayah di dekat Kota Neyshabur, Iran.

Gempa tersebut terjadi pada Kamis kemarin pukul 16.05 waktu setempat, di wilayah yang terletak sekira 10 kilometer dari Kota Neyshabur. Kurang lebih 36 gempa susulan dikabarkan muncul, beberapa bangunan juga tampak rusak.

"Sejauh ini, 100 orang dikabarkan terluka akibat gempa bumi tersebut, namun mereka sudah dirawat di rumah sakit. Para tim penyelamat juga sudah melakukan proses evakuasi," ujar pejabat setempat, seperti dikutip IRNA, Jumat (20/1/2012).

Menurut media Iran, gempa bumi tersebut merupakan salah satu gempa terkuat yang pernah muncul di Negeri Persia itu sejak 10 tahun yang lalu. 

Beberapa wilayah di Iran memang diklaim menjadi wilayah yang rentan terkena gempa. Pada 2010 lalu, gempa bumi sebesar 6,5 SR mengguncang bagian tenggara Iran dan menewaskan sekira tujuh orang warga.

Meski demikian, gempa yang dahsyat sempat mengguncang Iran pada 2003 lalu, tepatnya di Kota Bam. Gempa itu dikabarkan menelan korban jiwa sebanyak 31 orang dan memporak-porandakan kota tersebut.