STUDI: SERING PAKAI FACEBOOK MALAH TAMBAH GALAU


Logo Facebook

CALIFORNIA - Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa seseorang yang sering menggunakan Facebook, malah membuat pikirannya menjadi tambah galau alias banyak memunculkan kekhawatiran.

Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok sosiolog asal Utah Valley University, Amerika Serikat (AS), mengungkapkan bahwa seseorang yang sering menggunakan Facebook, justru berpikiran orang lain lebih bahagia darinya, ini yang memunculkan sikap skeptis tersebut.

Hui-Tzu Grace dan Nicholas Edge yang memulai penelitian ini melibatkan sekira 425 responden terungkap bahwa sebagian besar pengguna Facebook akan merasa galau ketika melihat pengguna lainnya memasang foto yang menampilkan suasana ceria dan gembira.

Dalam penelitian itu, para koresponden tersebut diberi diminta pendapanya mengenai pertanyaan "apakah hidup itu adil" dan "apakah teman saya mempunyai hidup yang lebih baik dari saya."

"Sebagian besar dari koresponden yang menjawab setuju bahwa hidup orang lain jauh lebih bahagia, dan itu sangat melemahkan mereka," kata salah seorang peneliti, seperti dilansir Telegraph, Jumat (20/1/2012).

Kecendrungan itu sangat tinggi pada mereka yang mempunyai teman-teman yang sebenarnya tidak begitu mereka kenal. Sementara mereka yang menggunakan Facebook lebih lama justru lebih setuju pada pernyataan bahwa "hidup itu adil".