RITUAL RONALDO SEBELUM EL CLASICO


Foto: Cristiano Ronaldo siap membantu Madrid mengalahkan Barca di Copa del Rey

MADRID - Cristiano Ronaldo membantah anggapan dirinya tertekan jelang duel El Clasico kontra Barcelona. Megabintang Real Madrid ini mengaku sudah punya cara untuk menghilangkan ketegangan. Apa itu?

Laga klasik antara Madrid kontra Barca dipastikan terjadi di ajang Copa del Rey musim ini. El Clasico akan terjadi di babak perempatfinal di mana El Real akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu pada leg pertama, Kamis (19/1/2012) dini hari nanti. Sepekan kemudian giliran Barca yang jadi tuan rumah pada leg kedua.

Berbicara soal El Clasico, Madrid dan tentunya Ronaldo tentu kembali teringat kenangan buruk, di mana mereka tak pernah menang dalam lima pertemuan terakhir. Terkini, El Real dipaksa menyerah 1-3 di hadapan publik Bernabeu pada El Clasico jilid pertama di pentas La Liga, medio Desember lalu.

Berkaca pada hasil tersebut, para punggawa Madrid termasuk CR7 pun dikabarkan berada dalam posisi tertekan. Pasalnya, mereka dituntut mengakhiri dominasi Barca sekaligus mengembalikan keangkeran Stadion Santiago Bernabeu.

Ronaldo sendiri membantah bila dirinya tengah dalam tekanan. Pemain termahal dunia ini mengaku sudah punya cara untuk menghilangkan tekanan atau ketegangan sebelum laga.

“Sama seperti pemain kebanyakan, saya punya beberapa hal rutin yang dilakukan sebelum pertandingan. Saya coba rileks dengan tertawa, berbagi beberapa lelucon dan mendengarkan house music,” tutur Ronaldo sebagaimana dikutip Independent, Selasa (17/1/2012).

“Saya tidak pernah menempatkan diri dalam tekanan. Sebab jika Anda tertekan, semuanya akan berakhir buruk. Saya selalu melakukan hal tersebut sebelum bermain menghadapi Barcelona atau pun tim lain. Kekuatan mental saya sangat penting,” pungkasnya seraya menegaskan dirinya siap memberikan yang terbaik di laga nanti.

Dalam laga El Clasico nanti, kedua tim sama-sama punya masalah. Pelatih Jose Mourinho tengah dipusingkan dengan kondisi beknya Pepe yang belum fit hingga membuatnya absent pada sesi latihan Senin kemarin. Namun berita bagusnya, Mou sudah bisa menurunkan winger enerjik Angel Di Maria.

Sementara di kubu Barca, Pelatih Pep Guardiola dipastikan belum bisa menurunkan David Villa, Ibrahim Afellay dan Pedro Rodriguez yang masih berkutat dengan cedera. Gelandang Seydou Keita juga tidak bisa tampil lantaran tengah membela negaranya untuk melakoni Piala Afrika.